Minggu, 13 November 2016

Manfaat Bermain Peran Dokter-Dokteran untuk Anak

Bermain peran atau permainan berpura-pura, sangat lazim di lakukan oleh anak-anak usia Balita, Bermain peran banyak sekali manfaatnya, mereka bisa mempelajari peran disekeliling mereka. Saat bermain anak akan mengembangkan kemampuan imajinasi, kreatifitas, intelektual, kosakata dan rasa empati. 




Salah satu permainan yang paling senang dimainkan anak-anak adalah permainan dokter-dokteran. bermain dokter-dokteran banyak manfaat positifnya  untuk Anak loh Bun, seperti :

1. Anak lebih koorperatif saat ke Dokter


Anak-anak Balita sering sekali takut ke dokter, hal ini disebabkan karena banyak imunisasi yang dilakukaan saat mereka Bayi, mereka mampu mengingat bahwa setiap kedokter akan berakhir dengan suntikan yang menyebabkan mereka trauma. Saat bermain peran dokter-dokteran kita bisa menjelaskan bahwa sangat penting dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pentingnya imunisasi bagi Anak. kita jelaskan prosedur-prosedur yang dilakukan seorang dokter saat memeriksa kesehatan seperti, Pemeriksaan tinggi dan berat badan, pemeriksaan mulut, hidung, telingga, detak jantung  dan memeriksa bagian yang sakit, berpura-pura membuat resep dan meminta kita patuh untuk meminum obat. Sehingga saat ke Dokter anak-anak lebih koorperatif karena sudah tau prosedur-prosedur apa saja yang akan dilakukan oleh dokter.

2. Anak tidak panik saat terjadi kecelakaan

Anak-anak sering kali jatuh dan terluka, untuk itu kita bisa ajarkan anak-anak bagaimana cara membersihkan luka, menghentikan pendarahan kecil, memberikan obat luka dan membalut luka. lalu segera menginformasikan ke orang dewasa terdekat mereka, sehingga anak terlatih untuk tidak panik saat terjadi kecelakaan. 
Dengan bermain peran kita bisa mengajarkan anak Pelajaran Pertolongan Pertama pada kecelakaan dengan cepat dan tepat sebelum dibawa ke tempat rujukan. 


3. menambah kosakata dan mengembangkan kemampuan komunikasi


Dengan belajar dokter-dokteran anak-anak akan belajar kosakata baru, kita ajarkan mereka untuk mengenal angggota tubuh, organ-organ tubuh, peralatan kedokteran dan kegunaannya. Dengan meningkatnya kosakata Anak, kita pancing mereka untuk melihat masalah-masalah yang ada, dan memberikan solusinya sehingga secara tidak langsung Anak akan meningkat kemampuan berkomunikasinya. Dengan bermain peran membantu perkembangan intelektual anak. 

4. melatih kemampuan menulis dan mengeja
Kita minta mereka untuk membuat resep Dokter sehingga mereka akan belajar menulis dan mengeja nama-nama penyakit dan nama-nama obat.

5. Mengajarkan Anak untuk berempati kepada orang sakit.
dengan bermain dokter-dokteran Anak akan mempunyai empati kepada orang sakit, anak belajar mengetahui apa saja yang bisa kita lakukan untuk menolong dan meringankan si penderita, 



Orang tua harus tetap memantau anak saat bermain peran agar sesuai kapasitas dan kemampuannya. Agar permainan Dokter-dokteran lebih efektif sebaiknya kita sediakan peralatan kedokteran dasar seperti Kotak P3K yang berisi Kapas, Pembalut, obat pencuci luka, obat luka, termometer, stetoskop. Dengan memberikan Kostum Dokter Kecil pada anak, dapat memotivasi anak sehingga lebih menjiwai dan bersemangat bermain dokter-dokteran.  

Bingung mencari kostum dokter dan Stetoskopnya, Kami KostumPro menyediakan Kostum Profesi Dokter berikut Stetoskopnya. Yuk langsung menghubungi kami di WA 087881949372

Yuk lihat Kostum Dokter Kecil di sini   dan  Stetoskopnya disini 







20 komentar:

  1. saya malah baru tahu, aklau permainan jenis ini ternyata memberikan efek yg berbeda ke anak. terimakasih sharingnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih sudah mampir Mbak Isah

      Hapus
  2. Wah bagus banget ya ternyata manfaatnya. Thanks for sharing ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir Kak, klu bermain peran jangan lupa sama KostumPro yah Kak :)

      Hapus
  3. Jadi inget masa kecil.. hehe. Thanks artikelnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha...ha...ha.. iya masih kecil pasti main beginian yah Kak Mila :). terima kasih sudah mampir

      Hapus
  4. Iyaaa bener bgt ini mba. Kalo main dokter dokteran pas anak dibawa ke dokter mreka bakal jd lebih kooperatif.. Malah suka mainan sendiri sama dokternya😁😁 tfs mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mereka sudah paham akan di apakan saja jadi lebih enak walaupun tau harus di suntik tetap takut tapi di berani-beranikan :). terima kasih Kasih sudah mampir Dok

      Hapus
  5. Terimakasih ya sudah berbagi. Baru tau lho kalau bermain peran itu penting ya ternyata :)

    BalasHapus
  6. selain kostum dokter ada kostum apa saja mba? menarik sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami menyediakan berbagai kostum Profesi Kak, selain Kostum Dokter, Kostum Perawat, Dokter Bedah, Pemadam Kebakaran, Pembalap, Guru PNS, Pengacara, Pelaut, Pilot & Pramugari. Silakan di order Kakak :)

      Hapus
  7. selain kostum dokter ada kostum apa saja mba? menarik sekali

    BalasHapus
  8. terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih sudah mampir Kak.

      Hapus
  9. Wah, bagus nih untuk melatih kreativitas dan mengembangkan imaginasi anak, apalagi si anak bermain dengan ortunya.. Jadi ortu juga dituntut kreatif nih acting jadi pasien atau apoteker :D

    BalasHapus
  10. Kereen dan bermanfaat buat anak anak pinter....

    BalasHapus
  11. Super Great sharing dan bermanfaat buat Anak semakin mulia

    BalasHapus
  12. Wah keren nih,ternyata ini salah satu cara mengembangkan imaginasi anak ya. Nice post mb.

    BalasHapus
  13. kedua anakku senengnya main dokter2an.baru tau kalo manfaatnya banyak..keren dech artikelnya..

    BalasHapus
  14. G disangka kalo kostum dokter anak bikin anak jadi kreatif ya

    BalasHapus